Senin, 02 Mei 2011

Lima Gubuk Hancur Diobrak-abrik Gajah di Pinto Rimba

Tue, Mar 15th 2011, 08:36

TAPAKTUAN - Sejak beberapa hari terakhir, kawanan gajah mengobrak-abrik kebun milik warga di Gampong Pinto Rimba, Kecamatan Trumon Timur, Aceh Selatan. Selain merusak gubuk, kawanan gajah itu juga telah merusak puluhan hektare kebun dan areal pertanian di desa pedalaman itu.

Kasmi warga setempat, kepada Serambi Senin (14/3) mengatakan, setelah reda selama enan bulan, kini petani di Desa Pinto Rimba, kembali diresahkan dengan kehadiran kawanan gajah itu. Kawanan satwa dilindungi yang diperkirakan mencapai lima ekor sejak Jumat (11/3) malam memasuki pemukiman penduduk dan merusak belasan hektare tanaman sawit, pinang, pisang dan coklat milik warga.

Bukan itu saja, gajah liar itu juga merusak puluhan meter pipa air bersih, serta memporakporandakan lima unit gubuk warga setempat bersama isinya, yakni gubuk milik Tgk Rasyidin, Amir, Syamsuddin, Rakibah dan Rajii.

Tuha Peut Desa Pinto Rimba, Rajii juga mengakui konflik satwa terutama gajah dengan warga yang telah berlangsung beberapa tahun itu hingga kini belum mendapat perhatian dari pemerintah atau instansi terkait untuk menjinak atau menggiring kawanan gajah-gajah itu kembali ke habitatnya.

“Masyarakat sudah berulangkali melaporkan kasus mengamuknya gajah-gajah itu, tapi pihak terkait hingga kini belum melakukan tindakan apapun,”katanya. Rajii menyebutkan, warga sekarang sangat resah dengan seringnya turun kawanan gajah liar ke pemukiman. Tapi warga tidak bisa berbuat banyak menghadapi kawanan binatang berbadan besar itu.(az)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar