Kamis, 21 April 2011

Warga Kota Bahagia Masih Konsumsi Air Sungai

Sun, Mar 13th 2011, 08:42

TAPAKTUAN - Sebanyak 3.000 KK masyarakat yang berdomisili di 10 desa dalam Kecamatan Kota Bahagia, Aceh Selatan, hingga kini masih mengkonsumsi air sungai. Kondisi ini disebabkan karena belum tersedianya sarana air bersih.

Camat Kota Bahagia, Muhammad Rasyid, kepada Serambi Sabtu (12/3) di Tapaktuan mengakui prihatin melihat kondisi masyarakat di daerahnya hingga sekarang masih mengandalkan air sungai untuk keperluan memasak, mencuci dan berbagai kebutuhan lainnya. Dikatakan, kondisi warga yang mengonsumsi air sungai itu sudah berlangsung berpuluh-puluh tahun.

Meskipun sebagian kecil warga telah memiliki sumur dan sumur bor, namun airnya tidak bisa dimanfaatkan karena keruh. Akibat belum tersedianya sarana air bersih, masyarakat setempat terpaksa memanfaatkan air sungai yang tidak standar kesehatan untuk keperluan mandi, mencuci, termasuk air minum dan memasak. Muhammad Rasyid, menambahkan, sumber air bersih yang mampu menyuplai seluruh desa di kecamatan itu cukup tersedia, yakni sumber air bersih dari irigasi dan pegunungan. Tapi sumber air itu belum bisa dimanfaatkan karena belum adanya pembangunan fasilitas air bersih yang dapat mengairi ke rumah-rumah warga.

Ia berharap pemerintah setempat melalui Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) supaya segera membangun jaringan air bersih di kawasan itu. “Kami sangat berharap agar Pemkab segera membangunan sarana air bersih, sehingga masyarakat di kawasan itu tidak lagi mengkonsumsi air sungai yang tidak layak menurut standar kesehatan,”katanya.(az)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar