Kamis, 07 April 2011

Erosi Krueng Ie Dingen Meukek Meresahkan

Sat, Feb 26th 2011, 09:30

TAPAKTUAN - Erosi Krueng Ie Dingen, Kecamatan Meukek, Kabupaten Aceh Selatan, kini kondisinya semakin parah. Bila tidak segera ditanggulangi ratusan rumah warga dan puluhan hektare lahan pertanian di sepanjang aliran sungai itu terancam amblas ke sungai. Keuchik Ie Dingen, Kecamatan Meukek, Nyak Zamzam didampingi anggota DPRK Aceh Selatan, Syahril kepada Serambi Jumat (25/2) mengatakan, masyarakat yang berdomisili di sepanjang sungai itu kini mulai diresahkan dengan erosi sungai Ie Dingen yang kini terus mengikis lahan pertanian dan pemukiman penduduk.

Selain rumah, lahan persawahan dan sejumlah kolam ikan milik warga yang berada di sepanjang bibir sungai itu juga semakin terancam amblas ke sungai. Hal itu disebabkan, karena sungai itu sudah sangat dangkal, serta sudah berkelok-kelok, sehingga sedikit saja hujan sudah meluap ke pemukiman penduduk.

Permasalahan itu harus segera diatasi. Upaya yang sebaiknya dilakukan adalah membuat talut di sepanjang sungai itu sehingga benar-benar mampu menahan terjangan arus. Rumah, lahyan pertanian dan kolam ikan warga di tepi sungai itu bisa terselamatkan. “Kita sudah pernah bermohon kepada pemerintah setempat untuk menormalisasikan sungai yang sudah dangkal sekaligus membuat tanggul pengaman tebing, namun hingga kini belum ada realisasinya,” katanya.(az)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar