Selasa, 26 Juli 2011

PLTB Kluet Mulai Beroperasi Tahun Ini

Mon, May 23rd 2011, 08:54

JAKARTA - Pembangkit Listrik Tenaga Bayu (PLTB) Kluet, Aceh Selatan, yang dikerjakan PT Gelora Lintas Artha (GLA), dijanjikan mulai beroperasi secara bertahap pada 2011 dengan daya 1 megawatt (MW). PLTB akan beroperasi penuh pada 2012 dengan kapasitas 10 MW.

Target tersebut diutarakan Direktur Utama (Dirut) PT GLA, Mawardi Pohan, menjawab Serambi, Sabtu (21/5). “Kita beroperasi secara bertahap. Tahap pertama menghasilkan 1 MW. Itu saya kira cukup untuk mengaliri listrik di perumahan sekitar,” katanya.

Mawardi Pohan membantah pembangunan proyek tersebut terbengkalai. “Saat ini sedang dikerjakan pembangunannya. Kita sekarang melakukan proses pemagaran lokasi,” kata Mawardi. Sebelumnya sempat diisukan bahwa pembangunan pembangkit PLTB tersebut tersendat dan terbengkalai.

Pembangungunan PLTB Kluet ditandai dengan peletakan batu pertama oleh Gubernur Irwandi Yusuf pada 1 November 2011. Terletak di Desa Suak Bakong Kecamatan Kluet Selatan. “Kita harapkan PLTB segera bisa beroperasi secara bertahap,” janji Mawardi Pohan yang mengaku perusahaan PT GLA memiliki kantor pusat di Suak Bakong, Aceh Selatan.

Ia menjelaskan PLTB Kluet adalah PLTB ke-6 di Indonesia.”Seluruhnya ada tujuh PLTB. Aceh yang ke-6,” ujar Mawardi yang akrab disapa Ozi Pohan ini.

Awalnya pembangunan PLTB Kluet itu menggandeng perusahaan asal Korea Selatan. Tapi sekarang sudah tidak lagi. “Dulu kita menggunakan perusahaan Korea sebagai tehnical asistence,” tambah Mawardi Pohan. Tapi ia tidak menjelaskan kenapa pihaknya tidak lagi menggandeng perusahaan Korea tersebut. Proyek dengan nilai investasi Rp 50 miliar itu, menurut Mawardi Pohan, akan mendatangkan sejumlah peralatan seperti batrey dari Malaysia.

Gubernur Irwandi pada saat peletakan batu pertama PLTB, menyebutkan kawasan pantai Kandang merupakan pesisir barat Pulau Sumatera yang mempunyai kecepatan anginnya antara 2-4 meter per detik sehingga menarik minat empat investor Korea Selatan, yakni Kim Jong Tae, Go Young Min, Song Jae Sung, dan Baek Gwang Hyun,dan pengusaha Indonesia Marlis Pohan untuk membangun PLTB berkapasitas 10 MW.

Akan dibangun 200 unit tower turbin angin di area seluas 75 hektare. Pembangunan turbin angin penghasil energi listrik dengan teknologi itu hanya membutuhkan kecepatan angin rendah antara 1,6 sampai 3 meter per detik.

Komisaris Utama PT GLA, Marlis Pohan yang dikabarkan sedang berada di lokasi proyek saat ingin dikonfirmasi Serambi melalui saluran telepon seluler tidak berhasil dihubungi. Nomor telepon miliknya tak aktif.(fik)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar