Jumat, 15 Juli 2011

Transportasi ke Bulohseuma Masih Lumpuh

* Ratusan KK Terancam Kelaparan
Thu, May 19th 2011, 09:11

TAPAKTUAN - Transportasi jalur laut dari Keude Trumon menuju Bulohseuma, Kecamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan, hingga Selasa (17/5) masih lumpuh. Hal itu disebabkan karena gelombang diperairan Samudera Hindia itu masih tinggi.

Panglima Laot Bulohseuma, Nasruddin, kepada Serambi, Selasa (17/5) mengatakan, hingga kemarin transportasi jalur laut dari Keude Trumon menuju Bulohseuma masih lumpuh. Hal disebabkan kapal motor dan speed boat yang selama ini menjadi alat transportasi utama bagi warga setempat belum bisa beroperasi, karena gelombang laut di perairan itu masih tinggi, yakni berkisar antara tiga hingga empat meter.

Kondisi ini membuat ratusan kepala keluarga yang bermukim di daerah terpencil itu bertambah resah, karena sudah dua pekan tidak bisa bepergian ke pusat kecamatan untuk berbelanja bahan kebutuhan pokok pada hari pekan Minggu kemarin. Mereka juga tidak bisa mengambil raskin, karena tidak adanya angkutan laut. Belasan kapal motor itu kini parkir di muara Keude Trumon dan muara Bulohseuma.

“Kini persediaan beras dan bahan kebutuhan pokok lainnya semakin menipis. Bahkan bila dalam dua hari ini gelombang masih tinggi dan belum ada bantuan yang masuk, maka warga di tiga desa itu, yakni Desa Raket, Kuta Padang, dan Gampong Tengoh akan kelaparan,” lapor Nasruddin.

Bukan itu saja, kondisi ini juga mengakibatkan hasil pertanian dan perikianan i daerah itu kini tidak bisa diangkut ke luar untuk di jual di pasar. “Sudah dua pekan masyarakat tidak bisa keluar untuk berbelanja dan menjual hasil pertaniannya. Kalau semua beras sudah habis, masyarakat terpaksa konsumsi jagung, singkong, dan pisang,” katanya.

Bulohseuma merupakan salah satu daerah terisolir yang masih berada di daratan pulau Sumatera. Untuk menuju ke Bulohseuma warga harus mengarungi laut Samudera Hindia menggunakan kapal motor dengan waktu tempuh antara 2-3 jam akibat belum selesainya pembangunan jalan Keude Trumon-Bulohseuma.(az)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar