Selasa, 26 Juli 2011

Transportasi Laut di Bulohseuma Kembali Terganggu

Mulut Muara Tertutup Sidimen
Tue, May 24th 2011, 08:38

TAPAKTUAN- Transportasi laut dari Keude Trumon ke Bulohseuma, Kecamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan, sejak Minggu (22/5) sore kembali lumpuh, karena kapal motor tidak beroperasi menyusul mulut muara Bulohseuma tersumbat oleh pasir.

Camat Trumon Isa Ansari, kepada Serambi, Senin (23/5) mengatakan, transportasi laut ke Bulohseuma yang sempat normal dua hari setelah dua pekan lumpuh akibat gelombang tinggi, kini jalur laut ke kawasan itu kembali terganggu, sehingga mengakibatkan tiga desa di daerah terpencil itu kembali terisolasi, yakni Desa Kuta Padang, Rakit dan Gampong Tengoh.

Dikatakan, terganggunya jalur laut ke kawasan itu bukan karena gelombang tinggi. Melainkan karena mulut muara Bulohseuma tertutup sedimen setelah dihantam arus laut Minggu sore, sehingga mengakibatkan kapal motor yang selama ini dijadikan sebagai alat transportasi masyarakat tidak bisa keluar masuk di dalam muara dimaksud.

Bukan hanya mengganggu transportasi masyarakat, namun kondisi ini juga mengakibatkan sebagian besar nelayan di kawasan itu tidak bisa melaut, terutama nelayan yang menggunakan perahu ukuran besar.

Menurut Isa Ansari, pendangkalan yang terjadi pada mulut muara Bulohseuma itu bukan yang pertama, namun peristiwa sudah sering terjadi, terutama pada musim barat seperti yang terjadi pada saat sekarang, karena pada musim tersebut air laut sangat deras mengalir ke tepi.

“Kapal motor dan boat nelayan itu bisa kembali beroperasi setelah warga bergotong royong menggali gumpalan pasir yang menutup mulut muara itu,”katanya. (az)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar