Kamis, 04 Agustus 2011

20 Ha lahan perkebunan Aceh terbakar

MONDAY, 27 JUNE 2011 21:05

BANDA ACEH - Sekitar 20 hektare lebih lahan perkebunan di kawasan hutan Ladang Panjang Gampong (Desa) Ladang Rimba Kecamatan Bakongan Timur Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh, dilaporkan rusak berat akibat terbakar.

Tokoh pemuda Kecamatan Bakongan Timur, T Syamsinahya (25) di pusat ibu kota Kabupaten Aceh Selatan, Tapaktuan, Senin mengatakan kebakaran yang terjadi sejak beberapa hari terakhir ini telah menghanguskan delapan hektare perkebunan kakao dan sawit.

"Hingga saat ini apinya terus meluas, kalau dibiarkan tentu akan bertambah parah, saat ini saja sudah 20 hektare lebih sudah terbakar," kata T Syamsinahya.

Sumber api diduga dari pembakaran lahan perkebunan yang dilakukan warga. Menurutnya, warga dari berbagai desa di kecamatan yang berjarak sekitar 70 Km arah timur ibu kota kabupaten itu secara gotong royong berupaya melakukan pemadaman.

Aktivis Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Kabupaten Aceh Selatan itu berharap pemerintah atau pihak untuk melakukan penanganan."Kami berharap pemerintah untuk melakukan upaya pemadaman agar kerugian dapat diminimalisir serta mencegah kemungkinan yang tidak diinginkan," katanya lagi.

Sementara itu, Kepala Bidang (Kabid) Kehutanan Dinas Kehutanan dan Perkebunan Aceh Selatan, T Masrul, mengatakan kebakaran lahan yang terjadi di Kecamatan Bakongan itu akibat pembakaran rumput di kebun milik warga.

"Daerah itu kawasan hutan gambut, kami akan berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana untuk mengatasinya," kata T Masrul.

sumber waspada.co.id

Tidak ada komentar:

Posting Komentar