Rabu, 05 Januari 2011

Irigasi belum Diperbaiki, Ribuan Hektare Sawah Kekeringan

Mon, Jan 3rd 2011, 11:27

TAPAKTUAN - Ribuan hektare sawah milik masyarakat di Kecamatan Bakongan, Aceh Selatan, sudah tujuh tahun mengalami kekeringan. Penyebabnya irigasi teknis di Desa Jambo Kepok yang rusak akibat diterjang banjir besar tahun 2002, hingga kini belum diperbaiki. Irhapa (30) warga Desa Bukit Gadeng, Bakongan, kepada Serambi Minggu (2/1) mengatakan, lahan persawahan masyarakat yang mengalami kekeringan mencapai 4.000 hektare. Lahan persawahan milik masyarakat itu sudah mengalami kekeringan sekitar tujuh tahun, setelah irigasi teknis Jambo Kepok rusak parah akibat diterjang banjir besar pada pertengahan tahun 2002.

Meski ada sebagian petani memaksakan diri menanam padi dilahan itu dengan mengandalkan air hujan, namun hasil panennya tidak maksimal karena persediaan air tidak cukup. Lahan persawahan itu kini telantar dan sudah menjadi semak belukar. Bahkan tidak sedikit lahan itu kini berubah fungsi menjadi perkebunan sawit, coklat, jagung, cabai dan tanaman palawija lainnya. Padahal, secara ekonomis kondisi ini sangat merugikan masyarakat yang mayoritas menggantungkan hidup dari bertani gabah. Dikatakan, sejak sawah terbengkalai, banyak petani gabah di daerah itu terpaksa mengalihkan profesinya menjadi nelayan, buruh bangunan atau menyewa lahan sawah di desa lain yang teraliri irigasi.

Karena itu, masyarakat petani sangat berharap kepada pemerintah untuk kembali memperbaiki kerusakan irigasi itu supaya lahan sawah mareka dapat difungsikan kembali sebagaimana mestinya. “Menurut informasi perbaikan irigasi Jambo Kepok itu sudah ditenderkan pada anggaran 2010. Tapi entah kenapa hingga kini irigasi itu belum juga diperbaiki,”katanya. Sebanyak 4.000 hektar lahan persawahan warga yang terlantar itu terdapat di 12 desa dalam tiga kemukiman, yakni Kemukiman Beutong, meliputi Desa Jambo Kepok, Beutong, Ujung Gunong Rayeuk dan Rambong. Kemukiman Ujong Tanoh, meliputi Desa Aluer Dua Mas, Ujung Tanoh, Seneubok Alue Buloh, Ujung Gunong Cut. Kemukiman Ujung Padang, meliputi Desa Seneubok Keranji, Bukit Gadeng, Gampong Drien dan Ujung Padang.(az)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar