Minggu, 26 Juni 2011

Arus Sungai Deras, Ratusan Siswa di Bulohseuma tak Bisa Bersekolah

Mon, May 2nd 2011, 09:03

TAPAKTUAN - Ratusan murid SD dan SMP di Kemukiman Bulohseuma, Kecamatan Trumon, Kabupaten Aceh Selatan, dilaporkan sudah empat hari tidak bisa bersekolah. Kondisi ini terjadi karena sampan yang selama ini mereka manfaatkan sebagai alat transportasi pengganti rakit tidak bisa difungsikan sehubungan air sungai Krueng Bulohseuma cukup deras setelah kawasan itu diguyur hujan.

Ilyas, tokoh pemuda Kemukiman Bulohseuma, kepada Serambi, Minggu (1/5) menyebutkan, ratusan murid SD dan SMP di daerah terpencil itu dalam empat hari terakhir ini terpaksa mengurung niat untuk pergi ke sekolah. Mereka tidak bisa pergi ke sekolah karena rakit penyeberangan belum beroperasi akibat tali kabelnya yang putus diterjang arus sungai sebulan lalu itu hingga kini belum diganti.

Sementara sampan yang dijadikan sebagai pengganti rakit itu, kata Ilyas, tidak bisa menyeberangi sungai seluas 60 meter itu, karena airnya sangat deras setelah kawasan itu diguyur hujan lebat yang terjadi dalam sepekan terakhir ini. “Sudah empat hari siswa di Desa Raket dan Desa Kuta Padang tidak bisa bersekolah, karena air sungai deras,” katanya.

Selain menghambat para murid pergi ke sekolah, derasnya air sungai Krueg Bulohseuma juga mengakibatkan aktifitas masyarakat di dua desa itu terganggu. Warga yang berdomisili di Desa Raket tidak bisa bepergian untuk berobat ke Pustu di Desa Kuta Padang. Begitu juga sebaliknya, warga dari Desa Kuta Padang tidak bisa pergi ke kebun dan berbelanja di Desa Raket.

Karena itu masyarakat di daerah terpencil itu sangat berharap kepada pemerintah setempat dalam hal ini Dinas Perhubungan untuk segera mengoperasikan kembali rakit penyeberangan itu. “Masyarakat sangat berharap rakit tersebut dioperasikan kembali. Jika hal ini dibiarkan berlarut-larut bisa memperburuk pendidikan dan perekonomian masyarakat di daerah terpencil tersebut,” katanya.

Terkait masalah itu, Kadis Perhubungan Aceh Selatan Drs Tio Achriyat yang dihubungi secara terpisah, menyatakan, masyarakat Bulohseuma tidak perlu gundah, karena dalam waktu dekat rakit tersebut akan dioperasikan kembali. “Kita sedang upayakan pengadaan kebel. Dalam waktu dekat rakit itu sudah beroperasi kembali,” janjinya.(az)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar