Kamis, 09 Juni 2011

Warga Air Berudang Tapaktuan Terserang DBD

Tue, Apr 12th 2011, 09:16

TAPAKTUAN- Penyakit demam berdarah dengue (DBD) yang ditularkan oleh nyamuk aedes aegypti kembali menyerang warga Aceh Selatan. Kali ini menimpa Febriatul Akmal (17) warga Desa Air Berudang, Kecamatan Tapaktuan. Febriatul Akmal masuk rumah sakit Minggu (10/4) sore, dan hingga Senin kemarin masih di rawat secara intensifdi RSUYA Tapaktuan.

Kabid Pelayanan RSUYA Tapaktuan, dr Yunalis M Kes, kepada Serambi , Senin (11/4) membenarkan pihaknya sedang menangani seorang pasien yang diduga terserang DBD. Anak Syamsulijar (Asisten Adminstrasi Setdakab Aceh Selatan) yang merupakan warga Desa Air Berudang itu masuk rumah sakit Minggu (10/4) siktar pukul 15.00 WIB.

Menurut Yunalis, selain demam tinggi, pasien juga mengalami muntah-muntah. Tapi hasil diagnosa observasiFfebriatul belum menunjukkan pasien terjangkit DBD. Begitu juga di permukaan kulit pasien tidak ditemukan adanya bintik-bintik merah seperti biasa dialami pasien DBD lainnya.

Begitu pun pihaknya belum bisa memastikan apakah pasien benar telah terserang DBD atau belum. Untuk memastikan kebenaran penyakit yang diderita pasien itu pihaknya harus melakukan pemeriksaan laboratorium ulang.

“Trombositnya masih normal, yakni 162 ribu. Tapi untuk kepastian penyakit yang diderita pasien itu perlu pemeriksaan laboratorium ulang,” katanya. Didampingi Kasi Informasi, Marhamah, Yunalis mengatakan, kasus DBD dalam beberapa bulan terakhir ini tergolong tinggi dibandingkan dari tahun sebelumnya. Terhitung dari bulan Januari-hingga April, warga yang terserang DBD mencapai 46 orang, Kota Tapaktuan merupakan terbanyak terserang DBD.(az)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar