Senin, 06 Juni 2011

Rakit Penyeberangan Warga Bulohseuma Hanyut

Mon, Apr 4th 2011, 10:36

TAPAKTUAN – Satu-satunya rakit penyeberangan yang selama ini digunakan masyarakat Kemukiman Bulohseuma, Kecamatan Trumon, Aceh Selatan untuk mobilitas antardesa hanyut diterjang derasnya arus sungai Krueng Bulohseuma. Dampak dari hanyutnya rakit tersebut, selain melumpuhkan transportasi masyarakat juga terhentinya aktivitas anak-anak Gampong Raket dan Gampong Padang menuju sekolah.

Informasi dari Tuha Peut Gampong Raket, Nasruddin kepada Serambi, Minggu (3/4) menyebutkan, beberapa bulan lalu rakit itu selesai diperbaiki. Namun ketika sungai meluap dan arusnya deras, tali kabel rakit penyeberangan antara Gampong Raket ke Gampong Kuta Padang di Kemukiman Bulohseuma itu putus. Musibah itu terjadi Rabu pagi pekan lalu. “Rakit itu hanyut sejauh satu kilometer ke arah laut,” lapor Nasruddin.

Meski kejadiannya sudah hampir sepekan, namun hingga Minggu kemarin belum ada upaya pemerintah atau dinas terkait untuk mendatangkan kabel pengganti atau memperbaiki kerusakan rakit yang sangat vital bagi masyarakat setempat. “Anak-anak kami sudah hampir seminggu tak bersekolah,” lanjut unsur pimpinan desa tersebut.

Dampak lain yang ditumbulkan, kata Nasruddin, puluhan kepala keluarga dari Gampong Raket tidak bisa berbelanja atau berobat ke puskesmas di Gampong Kuta Padang. “Kita sudah laporkan masalah ini ke kecamatan,” ujar Nasruddin.

Camat Trumon, Isa Ansari mengakui sudah menerima laporan hanyutnya rakit penyeberangan masyarakat di Kemukiman Bulohseuma. Camat sudah meneruskan laporan itu ke dinas terkait di kabupaten. “Hingga kini belum ada tanda-tanda penanganannya. Rakit itu memang sudah tidak layak lagi,” demikian Camat Trumon.(az)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar