Kamis, 03 Maret 2011

Pasang Purnama Masih Genangi Rumah Warga

Sat, Jan 22nd 2011, 08:56

TAPAKTUAN – Gelombang pasang purnama kembali naik dan merendam rumah penduduk di Desa Padang Bakau, Kecamatan Labuhan Haji, Aceh Selatan. Bahkan pasang yang terajdi sejak Kamis (20/1) malam lebih parah dari sehari sebelumnya. Keuchik Padang Bakau, Adam Malik, kepada Serambi Jumat (21/1) melaporkan, setelah sempat merendam beberapa jam rumah warga, sejak Kamis (21/1) malam air laut kembali merendam puluhan rumah warga di pesisir pantai laut Samudera Hindia.

Dikatakan, pasang purnama yang terjadi itu lebih besar dibandingkan dengan hari sebelumnya. Meski genangan air laut di dalam rumah warga mencapai 15 Cm, namun belum ada warga yang mengungsi, karena genangan itu tidak berlangsung lama. “Sebelumnya hanya 5 Cm, tapi pada Kamis malam kemarin genangan air laut dalam rumah warga mencapai 15 Cm,”katanya. Bukan hanya merendam rumah warga, banjir pasang purnama yang sudah menahun itu, juga merendam sebagian teras gedung sekolah dasar (SD) Padang Bakau sejumlah pasilitas umum lainnya yang berada di pinggir jalan nasional. Menurutnya, pasang naik yang sudah berlangsung beberapa hari lalu itu diperkirakan akan terus terjadi dalam beberapa hari kedepan. Seperti lazimnya luapan air laut pasang purnama itu baru reda 10 hari ke depan, yakni pada 27 hari bulan.

Selain telah merusak perlengkapan rumah tangga dan lahan persawahan warga, pasang purnama yang sudah menahun itu juga berdampak buruk terhadap lingkungan, karena sumur-sumur tradisonal yang dimiliki warga sudah tercemar akibat dimasuki air alut. Karena itu masyarakat berharap kepada pemerintah untuk segera membangun tanggul disepanjang pantai itu.Sebab kalau dibiarkan berlarut-larut bisa menimbulkan berbagai macam penyakit.”Kami sangat berharap kepada pemerintah untuk segera membangun tanggul disepanjang pantai tersebut,”katanya.(az)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar