Kamis, 31 Maret 2011

Sumur Kering, Warga Bakongan Krisis Air Bersih

Sun, Feb 20th 2011, 08:47

TAPAKTUAN – Krisis air bersih mulai melanda warga di kompleks perumahan Padang Berakan, Desa Keude Bakongan, Kecamatan Bakongan, Aceh Selatan. Akibatnya ratusan korban tsunami mulai kesulitan mendapatkan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.

Mawardi (40), seorang penghuni rumah bantuan Badan Rehabilitasi dan Rekonstruksi (BRR) di Desa Keude Bakongan, kepada Serambi Sabtu (19/2) mengatakan, dalam dua pekan terakhir ini krisis air bersih mulai dirasakan masyarakat. Sebab, sumur yang mereka miliki sudah kering kerontang.

Untuk mengatasi kebutuhan air bersih, maka warga terpaksa mengangkut air dari rumah warga yang berjauhan. “Kami saat ini kesulitan air bersih, karena sumur-sumur di sekitar komplek itu sudah kering akibat kemarau,”katanya. Hal ini dibenarkan Wakil Ketua DPRK Aceh Selatan, Khaidir Amin SE. Menurutnya, krisis air bersih di komplek perumahan tsunami ini bukanlah yang pertama, kasus serupa juga pernah terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

Sementara air bersih dari PDAM yang dibangun 10 tahun lalu itu hingga kini belum bisa dimanfaatkan, karena pembangunan jaringan air belum sampai ke komplek perumahan yang dihuni 228 kepala keluarga (KK) itu.

Karena itu warga sangat berharap agar PDAM Tirta Naga Tapaktuan, dapat menyalurkan air bersih ke rumah penduduk. Selain mengeluhkan air bersih, warga juga mengeluhkan karena perkarangan rumah dikomplek perumahan itu sering digenangi air akibat belum dibangunnya saluran pembuang. “Saya rasa masalah pembangunan saluran dan jaringan PDAM sudah dianggarkan dalam APBA 2011. Mudah-mudahan tahun depan masyarakat korban tsunami di komplek itu sudah bisa menikmati air bersih,”katanya.(az)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar