Kamis, 03 Maret 2011

Proyek Jalan Otsus Mengecewakan

Sun, Jan 23rd 2011, 08:24

TAPAKTUAN - Sejumlah proyek pembangunan jalan di Kabupaten Aceh Selatan yang dananya bersumber dari Otsus 2010 diragukan kualitasnya dan mengecawakan. Pasalnya pengaspalan hotmix yang meraup dana miliaran rupiah itu terkesan dikerjakan asal jadi.

Anggota DPRK Aceh Selatan, Azmir SH, kepada Serambi Jumat (21/1) mengatakan, dari hasil pengamatannya dalam beberapa hari terakhir ini banyak menemukan proyek pengaspalan jalan hotmix di wilayah barat kabupaten itu yang mengecewakan, karena kuranganya pengawasan dari instansi terkait.

Selain pelaksanaannya menyalahi aturan, yakni tidak mengikuti prosedur ketebalan dan kepadatan hotmix sebagaimana yang telah ditetapkan. Dalam pekerjaan jalan itu juga tidak menggunakan alat berat alias dikerjakan secara manual, sehingga mengakibatkan jalan itu tidak rata. Seperti pengaspalan jalan di Dusun Jaya Makmur, Desa Labuhan Tarok, Kecamatan Meukek. “Cukup mengecewakan. Saya sudah lihat langsung kondisi jalan Dusun Jaya Makmur itu sangat jelek mutunya,”katanya.

Lebih parahnya lagi proyek pengaspalan jalan hotmix di Desa Paya Peulumat, Kecamatan Labuhan Haji Timur. Pengaspalan jalan itu menggunakan alat berat, namun proyek itu diyakini tidak akan bertahan lama. Sebab selain ketebalannya tidak sesuai, dalam pelakasanaan pengerasan jalan proyek senilai Rp 1,3 milar lebih bersumber dari dana Otsus 2010 yang dikerjakan oleh PT Duta Sarana itu juga hanya dilapisi tanah timbunan, sehingga aspal yang baru berumur sekitar empat pekan itu sudah banyak yang terkelupas serta ditumbuhi rumput. Demikian juga nasib proyek jalan jalan hotmix di Dusun Surya Indah, Desa Blangporoh, Kecamatan Labuhan Haji Barat. Ruas jalan menuju Pondok Pesantren Darussaslam itu juga diragukan kualitasnya.(az)

Sumber : Serambinews.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar